Yuk Cek 3 Resep Jeruk kumquat Yang Lezat Dan Nikmat

author
4 minutes, 51 seconds Read

Jeruk kumquat – Jeruk kumquat adalah buah kecil yang populer dengan rasa manis dan sedikit asam. Buah ini berasal dari Tiongkok dan dikenal juga dengan sebutan jeruk keprok mini. Selain memiliki rasa yang lezat, jeruk kumquat juga memiliki kulit yang bisa dimakan, sehingga memberikan sensasi yang unik saat dikonsumsi. Nah pada kesempatn kali ini mimin akan membagikan beberapa resep jeruk kumquat yang dapat Moms coba berikut ini:

1. Manisan Jeruk Kumquat/Nagami

Jeruk kumquat, juga dikenal sebagai nagami, adalah buah kecil yang populer untuk dijadikan manisan. Manisan jeruk memiliki rasa yang manis dan asam, serta tekstur yang kenyal. Proses pembuatan manisan jeruk kumquat ini cukup sederhana dan dapat dilakukan di rumah. Berikut adalah resep untuk membuat manisan jeruk kumquat yang lezat.

Bahan-bahan yang diperlukan: 1 kg jeruk kumquat 500 gram gula pasir 500 ml air

Langkah-langkah pembuatan manisan jeruk kumquat:

  1. Cuci bersih jeruk dan potong-potong menjadi dua bagian. Buang bijinya dan pastikan jeruk kumquat dalam keadaan bersih.
  2. Siapkan panci dan masukkan air ke dalamnya. Panaskan air hingga mendidih.
  3. Setelah air mendidih, masukkan jeruk ke dalam panci dan biarkan merebus selama 1-2 menit. Hal ini bertujuan untuk mengurangi keasaman pada jeruk kumquat.
  4. Tiriskan jeruk yang telah direbus dan bilas dengan air dingin untuk menghentikan proses perebusan.
  5. Campurkan gula pasir dan air ke dalam panci, lalu panaskan hingga gula larut sepenuhnya dan mendidih.
  6. Setelah gula larut, masukkan jeruk kumquat ke dalam larutan gula panas. Biarkan jeruk kumquat terendam dalam larutan tersebut.
  7. Masak jeruk dalam larutan gula dengan api kecil hingga larutan mengental dan meresap ke dalam jeruk kumquat. Ini membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam.
  8. Setelah selesai, matikan api dan biarkan manisan jeruk kumquat dingin di dalam panci.
  9. Setelah dingin, masukkan manisan jeruk ke dalam wadah yang kedap udara atau jar dengan penutup.
Baca Juga  3 Resep Olahan Jeruk Yang Kaya Vitamin

Manisan jeruk kumquat siap disajikan dan dapat dinikmati. Anda dapat menyantapnya secara langsung, atau menggunakannya sebagai topping untuk hidangan penutup, seperti es krim atau yogurt. Manisan jeruk juga dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam kue, roti, atau minuman untuk memberikan sentuhan manis dan asam yang unik.

2. Kumquat & Pistachio Tart

Kumquat & Pistachio Tart: Menggabungkan rasa manis jeruk yang segar dengan kelezatan pistachio, tart ini merupakan hidangan penutup yang menggugah selera. Dengan kombinasi rasa yang unik dan tekstur yang renyah, tart ini akan memanjakan lidah Anda dan membuat Anda ingin mencicipinya lagi dan lagi. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat Kumquat & Pistachio Tart.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 lembar adonan pie siap pakai
  • 200 gram jeruk kumquat, iris tipis dan buang bijinya
  • 100 gram pistachio, cincang halus
  • 250 ml krim kental
  • 100 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • Sejumput garam
  • Potongan jeruk kumquat dan pistachio untuk hiasan (opsional)

Langkah-langkah pembuatan Kumquat & Pistachio Tart:

  1. Panaskan oven hingga suhu 180 derajat Celsius.
  2. Siapkan loyang tart dengan diameter sekitar 22 cm dan lapisi dengan lembaran adonan pie siap pakai. Pastikan adonan merata dan menutupi seluruh permukaan loyang.
  3. Tusuk-tusuk permukaan adonan dengan garpu untuk menghindari adonan membentuk gelembung saat dipanggang.
  4. Panggang adonan tart selama 10-12 menit atau hingga berwarna keemasan. Angkat dari oven dan biarkan dingin.
  5. Di dalam mangkuk, campurkan jeruk kumquat iris, pistachio cincang, krim kental, gula pasir, telur, tepung maizena, dan sejumput garam. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  6. Tuang campuran tersebut ke dalam adonan tart yang sudah dingin.
  7. Panggang tart dalam oven selama 25-30 menit atau hingga permukaan tart mengeras dan berwarna kecoklatan.
  8. Setelah matang, angkat tart dari oven dan biarkan dingin sebelum disajikan.
  9. Sebelum dihidangkan, Anda dapat menghias tart dengan potongan jeruk kumquat dan pistachio sebagai sentuhan akhir.
Baca Juga  Wah Itu Dia 3 Resep olahan pepaya Yang Peraktis

Kumquat & Pistachio Tart siap disajikan sebagai hidangan penutup yang lezat. Tart ini memiliki kombinasi rasa jeruk kumquat yang segar, kekayaan pistachio yang gurih, dan tekstur tart yang renyah. Nikmati tart ini dalam suasana santai bersama keluarga dan teman-teman Anda, atau sajikan sebagai hidangan istimewa dalam acara spesial. Selamat mencoba!

3. Candied kumquat

Manisan kumquat, atau selai jeruk kumquat, adalah suguhan lezat yang menghadirkan rasa manis alami kumquat. Ini adalah bumbu serba guna yang dapat dinikmati sendiri, digunakan sebagai taburan makanan penutup, atau bahkan ditambahkan ke hidangan gurih untuk sentuhan rasa manis yang tajam. Membuat manisan kumquat di rumah relatif sederhana dan memungkinkan Anda menikmati selai lezat ini kapan saja. Berikut resep membuat manisan kumquat.

Bahan-bahan:

  • 1 pon kumquat
  • 2 cangkir gula pasir
  • 1 gelas air
  • Opsional: 1 batang kayu manis atau beberapa cengkeh untuk menambah rasa

Instruksi:

  1. Bilas kumquat di bawah air dingin dan keringkan. Iris kumquat menjadi lingkaran tipis, buang bijinya saat Anda melakukannya.
  2. Dalam panci berukuran sedang, campurkan gula dan air. Jika diinginkan, tambahkan batang kayu manis atau beberapa cengkeh untuk menambahkan rasa pada sirup.
  3. Tempatkan panci di atas api sedang dan aduk sampai gula benar-benar larut. Bawa sirup ke api kecil.
  4. Tambahkan irisan kumquat ke dalam sirup yang mendidih. Biarkan mereka matang selama sekitar 10-15 menit, atau sampai kumquat menjadi bening dan empuk.
  5. Setelah kumquat matang, angkat panci dari api dan biarkan agak dingin.
  6. Dengan menggunakan sendok berlubang, pindahkan manisan kumquat ke toples bersih atau wadah kedap udara, sisakan sirup berlebih.
  7. Jika mau, Anda bisa menyaring sisa sirup untuk menghilangkan bumbu dan menuangkannya ke atas manisan kumquat untuk menambah rasa manis ekstra.
  8. Tutup toples atau wadah dengan rapat dan dinginkan setidaknya sehari sebelum digunakan agar rasa dapat berkembang.
Baca Juga  Yuk ! Cek 9 Manfaat Jeruk Kasturi Yang Terbaik Bagi

Manisan kumquat dapat disimpan di lemari es hingga beberapa minggu. Nikmati sebagai topping manis untuk roti panggang, pancake, atau yogurt. Mereka juga membuat tambahan yang lezat untuk kue, kue tar, dan makanan penutup lainnya. Selain itu, manisan kumquat dapat digunakan sebagai bahan penyedap masakan gurih, seperti daging panggang atau salad, untuk menambah cita rasa yang unik. Berkreasilah dan nikmati rasa manisan kumquat yang nikmat dalam berbagai kreasi kuliner.

Akhir kata

Nah itudia 3 3resep olahan jeruk kumquat yang dapat mimin bagikan kepada Moms di rumah dan dari rekomednasi resep di atas mana nih Moms resep yang akan Moms coba terlebih dahulu ? Jika Moms mencari rekomednasi aneka resep lainnya Moms bisa kok cek artikel mimin lainnya hanya di sininya Moms. Selamat mencoba 🙂

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *