Wah Itu Dia 3 Resep olahan pepaya Yang Peraktis

author
1
4 minutes, 42 seconds Read
Resep olahan pepaya

Resep olahan pepaya – Pepaya adalah buah yang segar dan lezat yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Selain dikonsumsi langsung, pepaya juga dapat diolah menjadi hidangan yang lezat dan menyegarkan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa resep olahan pepaya yang dapat Anda coba di rumah.

1. Resep olahan pepaya Stik pepaya muda

Stik pepaya muda

Resep olahan pepaya Stik pepaya muda adalah camilan yang segar dan sehat yang terbuat dari pepaya muda yang dipotong menjadi stik-stik kecil. Camilan ini adalah pilihan yang sempurna untuk dinikmati di tengah hari atau sebagai hidangan pembuka ringan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan Resep olahan pepaya sederhana untuk membuat stik pepaya muda yang lezat di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah pepaya muda yang masih segar
  • Air jeruk nipis atau air lemon (untuk merendam)
  • Garam secukupnya
  • Bumbu tabur (opsional, seperti bubuk cabai, bubuk paprika, atau bumbu penyedap rasa)

Langkah-langkah:

  1. Kupas pepaya muda dan potong menjadi stik-stik panjang. Usahakan untuk memotong pepaya muda menjadi stik dengan ukuran yang seragam agar mudah saat dimakan.
  2. Rendam stik pepaya muda dalam air jeruk nipis atau air lemon selama sekitar 15-20 menit. Proses ini akan membantu menghilangkan rasa pahit pada pepaya muda dan memberikan rasa segar yang lebih baik.
  3. Tiriskan stik pepaya muda dan beri sedikit garam secukupnya. Anda juga dapat menambahkan bumbu tabur sesuai dengan selera Anda, seperti bubuk cabai atau bubuk paprika untuk memberikan rasa pedas atau bumbu penyedap rasa untuk rasa tambahan.
  4. Tunggu sebentar agar bumbu meresap ke dalam pepaya muda. Jika ingin pepaya muda yang lebih renyah, Anda dapat menggoreng stik pepaya muda dalam minyak panas hingga kecokelatan dan renyah. Namun, jika menginginkan camilan yang lebih sehat, Anda dapat menghindari proses penggorengan ini.
  5. Stik pepaya muda siap disajikan. Anda dapat menyajikannya sebagai camilan langsung atau sebagai pelengkap untuk hidangan lain, seperti sate atau salad.
Baca Juga  Yuk Cobai 4 Olahan Buah Jeruk keprok Yang Terbaik

Stik pepaya muda adalah camilan yang menyegarkan dan kaya akan serat serta nutrisi. Pepaya muda mengandung enzim papain yang dapat membantu memperbaiki pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus. Camilan ini juga rendah kalori, sehingga cocok untuk mereka yang sedang menjalani pola makan sehat.

2. Englischer papaya cake

Resep olahan pepaya Englischer Papaya Cake, juga dikenal sebagai English Papaya Cake, adalah hidangan penutup yang lezat yang menggabungkan kelezatan papaya dengan keharuman dan kelezatan kue. Kue ini memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk menikmati teh sore atau sebagai hidangan penutup istimewa. Dalam artikel ini, kami akan memberikan Resep olahan pepaya sederhana untuk membuat Englischer Papaya Cake yang lezat di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 200 gram tepung terigu serba guna
  • 150 gram gula pasir
  • 150 gram mentega, lelehkan
  • 3 butir telur
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh vanila ekstrak
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 gram papaya matang, kupas, dan haluskan
  • 50 gram almond cincang (opsional, sebagai hiasan)
  • Gula bubuk (sebagai hiasan)

Langkah-langkah:

  1. Panaskan oven hingga suhu 180 derajat Celsius. Siapkan loyang bundar dengan diameter sekitar 22 cm, olesi dengan mentega, dan taburi dengan sedikit tepung terigu untuk menghindari kue lengket.
  2. Dalam sebuah mangkuk besar, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna kuning pucat.
  3. Tambahkan tepung terigu, baking powder, vanila ekstrak, dan garam ke dalam adonan telur. Aduk perlahan hingga tercampur rata.
  4. Tuangkan mentega leleh ke dalam adonan dan aduk rata.
  5. Tambahkan papaya yang sudah dihaluskan ke dalam adonan dan aduk kembali hingga tercampur merata.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan.
  7. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama sekitar 35-40 menit atau hingga tusuk gigi yang dimasukkan ke dalam kue keluar bersih.
  8. Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin dalam loyang selama beberapa menit sebelum memindahkannya ke rak kawat untuk didinginkan sepenuhnya.
  9. Setelah kue benar-benar dingin, taburi dengan gula bubuk dan hias dengan almond cincang jika diinginkan.
  10. Englischer Papaya Cake siap disajikan. Potong menjadi irisan dan nikmati bersama secangkir teh atau kopi.
Baca Juga  Yuk Cobai 4 Resep Jus jeruk susu Yang Terbaik

Resep olahan pepaya Englischer Papaya Cake adalah hidangan penutup yang menggabungkan kelezatan buah papaya dengan kelembutan dan manisnya kue. Papaya memberikan sentuhan segar dan lezat pada kue, sementara tekstur lembut dan manisnya kue menyempurnakan pengalaman makan Anda.

3. Puding pepaya

Resep olahan pepaya Puding pepaya adalah hidangan penutup yang lezat dan menyegarkan yang menggabungkan kelembutan puding dengan rasa manis dan segar dari pepaya. Puding ini mudah dibuat dan merupakan pilihan yang sempurna untuk menyajikan hidangan penutup yang berbeda dan menyehatkan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan Resep olahan pepaya sederhana untuk membuat puding pepaya yang lezat di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 2 buah pepaya matang, kupas, dan buang bijinya
  • 400 ml susu cair
  • 100 gram gula pasir
  • 2 sendok makan agar-agar bubuk
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • Secubit garam

Langkah-langkah:

  1. Potong pepaya menjadi potongan kecil dan haluskan menggunakan blender atau food processor hingga halus dan lembut.
  2. Dalam panci, campurkan susu cair, gula pasir, agar-agar bubuk, dan garam. Aduk rata.
  3. Panaskan campuran susu dengan api sedang sambil terus diaduk hingga gula larut dan campuran hampir mendidih.
  4. Tambahkan pepaya yang sudah dihaluskan ke dalam panci dan aduk rata.
  5. Biarkan campuran mendidih perlahan dan terus aduk selama sekitar 2-3 menit.
  6. Matikan api dan tambahkan ekstrak vanila. Aduk rata.
  7. Tuangkan campuran puding pepaya ke dalam cetakan atau mangkuk yang telah disiapkan. Biarkan sedikit dingin di suhu ruang selama beberapa saat.
  8. Setelah puding sedikit dingin, tutup dengan plastik wrap atau penutup cetakan dan dinginkan di lemari es selama beberapa jam hingga puding mengeras dan menggigit.
  9. Setelah puding pepaya dingin dan mengeras, Anda dapat menghidangkannya dengan cara mencelupkan cetakan ke dalam air panas sebentar untuk membantu melepaskan puding, kemudian balikkan puding ke piring saji.
  10. Puding pepaya siap disajikan. Anda dapat menambahkan potongan pepaya segar atau hiasan sesuai selera di atasnya sebelum disajikan.
Baca Juga  4 Kreasi Kudapan Olahan Jeruk Yang Lezat

Puding pepaya adalah hidangan penutup yang segar dan lezat yang cocok untuk dinikmati di musim panas atau setiap saat Anda menginginkan hidangan manis yang sehat. Pepaya memberikan sentuhan segar dan rasa manis yang alami pada puding, menciptakan kombinasi yang sempurna.

Similar Posts

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *