Manisan Kulit Jeruk Bali

Resep Manisan Kulit Jeruk Bali Dan Manfaat Jeruk Bali Terbaru 2023

author
4 minutes, 33 seconds Read

Manisan Kulit Jeruk Bali

Manisan Kulit Jeruk Bali – Manisan sering dijadikan sebagai camilan untuk menemani waktu senggang. Sesuai dengan namanya, makanan ini cita rasanya manis, karena bahan utamanya adalah gula pasir dan potongan buah. Selain itu, ada pula manisan yang terbuat dari kulit jeruk bali. Apa gak pahit? Tentu ada triknya, supaya rasa pahitnya hilang dan jadi manisan yang benar-benar manis dengan tekstur kering. Diyakini bisa menaikkan mood, berikut resep manisan kulit jeruk bali yang cocok jadi camilan dalam setiap suasana. Cobain, yuk!

Resep Manisan Kulit Jeruk Bali

Manisan Kulit Jeruk Bali

Manisan Kulit Jeruk Bali Manisan kulit jeruk Bali adalah salah satu makanan ringan tradisional Indonesia yang terbuat dari kulit jeruk Bali yang telah dikeringkan dan dicampur dengan gula. Rasa manisan kulit jeruk Bali yang manis dan sedikit asam membuatnya menjadi camilan yang sangat populer di Indonesia. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat manisan kulit jeruk Bali sendiri di rumah.

Bahan:

  • 500 gram kulit jeruk Bali yang telah dibersihkan
  • 1 liter air
  • 500 gram gula pasir
  • 1 sendok teh asam jawa
  • 1 lembar daun pandan
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, rendam kulit jeruk Bali dalam air selama sekitar 2-3 jam untuk menghilangkan rasa pahitnya. Setelah itu, tiriskan kulit jeruk dan buang air rendamannya.
  2. Rebus kulit jeruk dalam air yang sudah disiapkan sampai airnya mendidih. Setelah itu, tiriskan kulit jeruk dan buang air rebusannya.
  3. Ulangi proses merebus kulit jeruk dan air hingga tiga kali. Tujuannya adalah untuk menghilangkan rasa pahit pada kulit jeruk dan membuatnya lebih empuk.
  4. Setelah tiga kali merebus, rebus kulit jeruk dan air untuk keempat kalinya, namun kali ini tambahkan daun pandan dan garam secukupnya. Biarkan sampai airnya mendidih dan kemudian matikan api.
  5. Tambahkan gula pasir dan asam jawa ke dalam air rebusan kulit jeruk yang masih panas. Aduk hingga gula larut sempurna.
  6. Masukkan kulit jeruk ke dalam larutan gula dan aduk rata. Biarkan sampai kulit jeruk terendam seluruhnya.
  7. Tutup wadah dan diamkan selama minimal 6 jam atau semalaman agar kulit jeruk dapat menyerap rasa gula dengan baik.
  8. Setelah itu, tiriskan kulit jeruk dari larutan gula dan jemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Pastikan kulit jeruk terkena sinar matahari yang cukup sehingga manisan kulit jeruk Bali yang dihasilkan akan terasa kering dan renyah.
  9. Setelah kering, manisan kulit jeruk Bali siap disajikan.
Baca Juga  3 Resep Olahan Jeruk Yang Kaya Vitamin

Manisan kulit jeruk Bali dapat disimpan dalam wadah kedap udara selama beberapa bulan. Selamat mencoba!

Kandungan Gizi Pada Jeruk Balli

Manisan Kulit Jeruk Bali

Jeruk Bali adalah salah satu jenis buah-buahan yang populer di Indonesia, khususnya di daerah Bali. Selain rasanya yang segar dan enak, jeruk Bali juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah kandungan gizi yang terdapat pada jeruk Bali:

  1. Vitamin C Jeruk Bali kaya akan vitamin C, dengan kandungan sekitar 50-75 mg per 100 gram. Vitamin C merupakan antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu melawan infeksi.
  2. Vitamin A Jeruk Bali juga mengandung vitamin A, yang penting untuk menjaga kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.
  3. Serat Jeruk Bali mengandung serat yang cukup tinggi, dengan kandungan sekitar 2 gram per 100 gram. Serat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.
  4. Kalori Jeruk Bali rendah kalori, dengan kandungan sekitar 38 kalori per 100 gram. Hal ini menjadikan jeruk Bali sebagai camilan yang sehat dan cocok untuk dikonsumsi saat diet.
  5. Karbohidrat Jeruk Bali mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, dengan kandungan sekitar 9 gram per 100 gram. Karbohidrat penting untuk memberikan energi bagi tubuh.
  6. Protein Jeruk Bali mengandung protein dalam jumlah yang cukup sedikit, dengan kandungan sekitar 0,8 gram per 100 gram. Namun, protein tetap diperlukan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.
  7. Mineral Jeruk Bali mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Kalsium dan magnesium penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, sedangkan kalium penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Dengan kandungan gizi yang lengkap, jeruk Bali dapat menjadi salah satu buah-buahan yang sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Jeruk Bali bisa dimakan langsung, dijus, atau dijadikan sebagai bahan baku makanan seperti manisan kulit jeruk Bali. Namun, tetap disarankan untuk mengonsumsi jeruk Bali dengan bijak dan dalam jumlah yang seimbang untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

Baca Juga  Kuy Cek 4 Resep Olahan Jeruk Bali Yang Enak

Manfaat Jeruk Bali

Jeruk Bali adalah jenis jeruk yang banyak ditemukan di Indonesia, terutama di daerah Bali. Buah ini memiliki bentuk bulat dan memiliki kulit yang halus dengan warna hijau kekuningan saat belum matang, dan berubah menjadi oranye ketika matang.

Selain rasanya yang enak dan segar, jeruk Bali juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk Bali:

  1. Kaya akan vitamin C: Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu melawan infeksi.
  2. Mengandung antioksidan: Jeruk Bali juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan radikal bebas.
  3. Meningkatkan kesehatan kulit: Vitamin C dan antioksidan pada jeruk Bali juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit, membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi.
  4. Meningkatkan pencernaan: Serat pada jeruk Bali dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit.
  5. Membantu menurunkan berat badan: Jeruk Bali rendah kalori, tinggi serat, dan kaya akan air, sehingga dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membantu menurunkan berat badan.
  6. Meningkatkan kesehatan jantung: Jeruk Bali mengandung flavonoid yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.
  7. Meningkatkan kesehatan mata: Jeruk Bali mengandung vitamin A dan karotenoid yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Itulah beberapa manfaat jeruk Bali untuk kesehatan. Jeruk Bali bisa dimakan langsung atau dibuat menjadi jus segar atau makanan ringan seperti manisan kulit jeruk Bali. Namun, seperti buah-buahan lainnya, disarankan untuk mengonsumsi jeruk Bali dengan bijak dan dalam jumlah yang seimbang untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *